February 29, 2024

Web Pouya

Pouya Website Informasi dan Berita Terupdate

Alternatif Lantai Selain Keramik Bikin Interior Makin Indah

3 min read

Sumber: https://unsplash.com/photos/aeTexYQKsuk

Anda mungkin sudah menggunakan Beton Ready Mix berkualitas supaya lantai kuat dan tahan lama, namun finishing lantai juga perlu diperhatikan. Pilihan lantai tidak hanya terbatas pada keramik saja, Anda masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan varian lain di pasaran.

Beberapa pilihan lain ini justru memiliki tampilan yang jauh lebih menarik dibandingkan keramik. Ada juga yang jauh lebih murah namun tetap menampilkan interior indah. Apa saja alternatif lantai selain keramik, Anda bisa simak terlebih dahulu.

Jenis Lantai Selain Keramik yang Bagus untuk Interior

Keramik banyak dipilih dalam pembuatan lantai rumah karena keunggulannya yang tidak menyerap panas, menjadikan ruangan tetap dingin. Selain itu keramik juga jadi material yang paling mudah ditemukan dengan berbagai tekstur, motif dan warna.

Namun, Anda yang bosan dengan lantai keramik dan ingin menampilkan ruangan beda dari yang lain bisa memilih beberapa alternatif lainnya berikut:

1.    Lantai Vinyl

Khusus Anda yang ingin menghemat budget saat finishing lantai rumah bisa langsung dilapisi dengan vinyl. Material ini jauh lebih murah dari keramik dan pemasangannya bisa dilakukan sendiri. Kapan saja Anda bosan dengan tampilannya bisa dengan mudah diganti.

Selama Anda memilih vinyl yang berkualitas maka akan lebih awet. Lantai dengan lapisan vinyl juga mudah dibersihkan, baik itu disapu atau dipel.

2.    Kayu Parket

Beda lagi jika Anda ingin menampilkan interior yang mewah nan klasik bisa memilih kayu parket. Harganya memang jauh lebih mahal namun akan membuat ruangan tampak selalu bersih. Cara membersihkannya hanya perlu vacuum cleaner.

Ketahanan kayu parket juga tidak perlu diragukan, rata-rata lantai bisa bertahan sampai puluhan tahun. Pastikan saja Anda melakukan perawatan dengan benar.

3.    Semen Ekspos

Ingin menampilkan desain interior industrial? Anda lebih cocok menggunakan lantai semen ekspos. Bahkan beberapa interior kontemporer juga bagus menggunakan lantai jenis ini. Anda juga bisa menghemat biaya dalam pembuatannya karena tidak perlu membeli bahan bangunan tambahan.

Penting untuk diperhatikan dalam pembuatannya adalah harus menggunakan bahan dan tukang profesional. Jika tidak semen akan mudah retak selama penggunaan. Selain itu penting untuk mendapat permukaan lantai yang halus agar nyaman berjalan di atasnya.

4.    Tegel

Alternatif lantai ini sudah sering digunakan untuk rumah zaman peninggalan Belanda. Tegel dibuat dari campuran semen dan keramik, saat ini harganya jauh lebih mahal dari lantai keramik. Menariknya, tegel memiliki banyak motif dan warna bukan hanya abu-abu saja.

Anda yang ingin membuat interior rumah klasik, khas Mediterania sampai rumah tradisional sangat cocok menggunakan lantai tegel. Lantai tegel juga memberikan suasana ruangan jauh lebih dingin.

5.    Batu Alam

Mudah untuk dibersihkan dan memberikan suasana ruangan yang jauh lebih dingin. Batu alam menjadi alternatif lantai yang cocok untuk rumah segala jenis desain. Jenis batu yang digunakan bisa berupa marmer dan batu andesit.  Pemasangannya tidak mudah, mengingat batu berukuran besar harus disusun dengan hati-hati agar tidak rusak. Anda perlu merawatnya dengan rutin sehingga lantai tidak mudah licin atau retak.

 

Apapun jenis lantai yang akan Anda pilih pastikan bahwa pondasinya dibangun dengan baik. Anda membutuhkan material seperti beton ready mix yang berkualitas, salah satunya adalah SCG Beton Normal.

SCG Beton Normal dari scgcbm.id juga cocok digunakan untuk pengecoran rumah bertingkat dengan kekuatan tekan 175 kg per m2. Pembuatan beton ready mix ini mengacu pada standar internasional sehingga bisa menghasilkan kekuatan tekan tersebut dalam 28 hari. Tertarik untuk menggunakannya? Segera kunjungi scgcbm.id.

Sumber:

https://gudangparquet.net/artikel/alternatif-lantai-selain-keramik.html

https://www.rumah.com/panduan-properti/alternatif-lantai-murah-67926

https://www.tokolantaikayu.net/2021/03/Material-lantai-selain-keramik.html

https://scgcbm.id/produk/?cat=beton-ready-mix&product=beton-normal

 

 

 

More Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *