July 8, 2022

Web Pouya

Pouya Website Informasi dan Berita Terupdate

Tips Membaca Analisis Fundamental yang Baik dan Benar

3 min read

Dalam melakukan investasi saham, kamu pasti memerlukan analisis fundamental agar dapat melihat keadaan perusahaan dengan lebih detail dan pastinya menambah probabilitas keuntungan. Dikutip dari Wikipedia, Analisis Fundamental merupakan metode analisis perusahaan yang didasarkan atas faktor fundamental ekonomi  suatu perusahaan. Biasanya pada analisis ini kita akan berfokus pada kinerja keuangan dan bisnis perusahaan.

Analisis fundamental akan menjadi salah satu indikator atau sinyal dalam pengambilan keputusan seorang investor. Maka dari itu, analisis ini memiliki peran penting dan tidak dapat diabaikan dalam kesuksesan investasi atau trading saham.

Semua perusahaan terbuka pasti selalu membuka laporan keuangannya. Jangan bingung, berikut ini adalah tips dalam membaca analisis fundamental agar keuntungan semakin besar.

Pastikan Data yang Kamu Dapat adalah Asli

Adalah sangat penting untuk mengetahui keaslian data yang kamu dapat untuk melakukan proses analisis. Karena tidak sedikit pihak yang tidak bertanggung jawab menyebarkan data palsu demi kepentingannya sendiri.

Data yang sudah terjamin keasliannya biasanya bisa kamu dapatkan dari website perusahaan itu sendiri atau dari situs resmi bursa efek indonesia (BEI). Selain itu, media-media bisnis nasional juga bisa menjadi salah satu sumber data untuk analisismu.

Pilih Sektor Bisnis yang Sedang Menjanjikan

Memilih sektor bisnis akan sangat membantu kamu untuk memaksimalkan keuntungan. Pasalnya, kondisi suatu sektor bisnis bisa saja sedang redup dan sedang bergejolak. Misalnya, saat ini adalah eranya digital, maka perusahaan-perusahaan yang menjalani bisnis digital sangatlah menarik untuk dipilih. Intinya, kamu harus selalu up to date terhadap situasi dan kondisi sektoral ini.

Belajar Membaca Laporan Keuangan

Ini dia inti dari analisis fundamental, membaca laporan keuangan merupakan cara yang paling dibutuhkan para investor dalam memaksimalkan probabilitas keuntungan. Dengan memahami detail laporan keuangan, niscaya kamu akan mendapatkan gambaran jelas mengenai keadaan keuangan perusahaan tersebut saat ini. Informasi kesehatan financial dari perusahaan tersebut juga akan kamu dapatkan apabila kamu dapat membaca laporan keuangan.

Banyak sekali manfaat apabila kamu dapat membaca laporan keuangan dalam analisis fundamental. Tentunya kamu menjadi lebih berhati-hati dalam memilih emiten sehingga dapat menghindari kerugian.

Pantau Kondisi Ekonomi

Salah satu faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga saham adalah kondisi ekonomi. Misalnya pertumbuhan ekonomi yang lambat akan membuat kinerja perusahaan-perusahaan akan menurun dan imbasnya akan ke harga saham mereka. Dan sebaliknya, apabila pertumbuhan ekonomi sedang meningkat pesat, maka tentu akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan yang semakin menguntungkan dan akan berdampak pula pada harga sahamnya.

Bukan hanya kondisi ekonomi nasional saja, kondisi ekonomi global juga akan memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan. Terlebih untuk kamu yang ingin membeli saham luar negeri di Nanovest. Kondisi ekonomi global pastinya akan mempengaruhi kinerja emiten-emiten luar negeri.

Analisa Saham Lengkap di Nanovest

Namun jangan khawatir, karena di Nanovest sudah ada informasi-informasi yang terus diupdate setiap harinya. Dengan begitu kamu pun tidak akan ketinggalan update terbaru tentang keadaan suatu saham luar negeri. Update ini bisa kamu temukan pada menu “Berita & Tutorial” yang berisikan tidak hanya berita terbaru namun juga analisa pakar saham mengenai keadaan market saat terbaru.

Selain pada menu tersebut, kamu juga bisa mempelajari lebih dalam mengenai setiap saham yang ingin kamu beli dengan melihat informasi pada halaman profil saham tersebut. Pada halaman ini terdapat grafik pergerakan harga saham selama 5 tahun ke belakang, serta prediksi harga dalam 12 bulan mendatang. Selain itu, ada juga analisa berupa “Penilaian Analis” yang merekomendasikan kamu untuk melakukan Buy, Hold, atau Sell, terhadap saham tersebut. Ini tentunya akan sangat memudahkanmu dalam trading saham, bukan?

Dengan lengkapnya informasi ini, kamu tentu tidak perlu lagi repot-repot mencari informasi tentang keadaan sebuah perusahaan karena semua telah ada di Nanovest.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa download Nanovest untuk kebutuhan investasi cryptocurrency dan saham luar negeri kamu, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.