May 18, 2024

Web Pouya

Pouya Website Informasi dan Berita Terupdate

Pengertian Stunting Pada Anak dan Penyebabnya

2 min read

Stunting merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius. Masalah kesehatan ini bisa mengakibatkan anak kekurangan nutrisi kronis sehingga gagal dalam pertumbuhannya. Meski demikian bagi anda sebagai orang tua harus ekstra merawat anak agar selalu hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Apa itu Stunting?

Apa itu stunting pada anak ? Stunting adalah sebuah kondisi gangguan pertumbuhan yang sering dialami oleh anak. Biasanya kondisi ini ditandai dengan adanya kejanggalan seperti kurangnya tinggi badan jika dibandingkan dengan anak seusianya. Oleh sebab itu anda harus menjaga pola makan anak agar tidak kekurangan asupan nutrisi selama pertumbuhannya.

Penyebab  Stunting pada Anak

Kurangnya asupan nutrisi selama pertumbuhan anak

Pada dasarnya penyebab utama dari stunting yang dialami anak adalah kurangnya asupan nutrisi selama pertumbuhan anak. Memang setiap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sangat berpengaruh pada kesehatan. Oleh sebab itu sebaiknya anda memberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi agar kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi.

Apabila anak sejak kecil sudah kekurangan asupan nutrisi, maka sangat besar resikonya mengalami masalah gizi kronis. Sehingga pertumbuhan anak menjadi terhambat dan tidak seperti anak pada seusianya.

Pola Asuh Kurang Efektif

Mengasuh anak bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan, namun diperlukan kesabaran khusus serta tenaga ekstra. Anda harus menerapkan pola yang efektif karena berpengaruh pada dalam pertumbuhannya. Terkadang banyak orang tua yang lalai dan membiarkan anaknya jajan sembarangan, hal itulah yang bisa memicu stunting pada anak.

Alangkah baiknya jika anda sejak kecil memperhatikan asupan makanan anak, berikan makanan yang sehat dan bergizi akan kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Dengan begitu resiko anak mengalami kondisi stunting semakin kecil. Terapkan pola hidup yang sehat sejak dini pada anak agar pertumbuhan dan perkembangannya lebih optimal.

Beruntungnya sekarang ini sudah ada susu penambah nafsu makan anak yaitu Pediasure. Perlu anda ketahui bahwa di dalam produk ini terdapat kandungan nutrisi yang lengkap. Sehingga anda tidak perlu khawatir anak akan kekurangan berat badan ideal dalam masa pertumbuhannya.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *