December 4, 2021

Web Pouya

Pouya Website Informasi dan Berita Terupdate

Hasil BRI Liga 1: Borneo FC Tumbangkan PSM Makassar 2-1, Juku Eja Gagal Geser Persija & Arema FC

3 min read

Borneo FC sukses menyudahi perlawanan PSM Makassar dalam lanjutan BRI Liga 1 2021, Jumat (22/10/2021). Bermain di Stadion Manahan, Surakarta, Borneo FC mengalahkan PSM Makassar dengan skor 2 1. Gol dari Borneo FC dicetak oleh Jonathan Bustos pada menit ke 54 dan Fransesco Torres di menit ke 66.

Sedangkan gol dari PSM Makassar, dicetak oleh Yakob Sayuri pada menit ke 29. Dengan hasil ini, PSM Makassar tertahan di peringkat ke 7, gagal menggeser Persija Jakarta dan Arema FC. Sedangkan Borneo FC menempel ketatn Persebaya Surabaya yang berada di peringkat ke 10.

Borneo FC awalnya menguasai jalannya babak pertama. Dimotori oleh Jonathan Bustos dan Nuriddin Davronov, Pesut Etam mencoba mengurung pertahanan PSM Makassar di babak pertama. Sebaliknya, pemain PSM Makassar bermain lebih sabar dan menunggu untuk melancarkan serangan balik.

Borneo FC setidakanya mencatatkan dua peluang emas di 10 menit babak pertama berjalan. Yang pertama adalah sepakan bebas keras terukur dari Nuriddin Davronov dan sontekan Terens Puhiri, namun sepakannya masih bisa diamankan Hilman Syah. 15 menit berjalan, PSM Makassar mulai mengambil alih permainan di babak pertama.

Dikomandoi Pluim dan Anco Jansen, kerjasama kedua pemain ini berulang kali merepotkan lini belakang Borneo FC. Akhirnya justru PSM Makassar yang berhasil unggul. Bermula dari serangan dan kombinasi apik antara Pluim dan Anco Jansen, bola kemudian diberikan kepada Ilham Udin.

Sepakan keras mantan pemain Bhayangkara FC ini memang masih bisa diblok oleh Wildansyah, namun bola muntah langsung disambar oleh Yakub Sayuri. Skor berubah menjadi 0 1 pada menit ke 29. Unggul satu gol, PSM Makassar meningkatkan intensitas serangan pada pertandingan ini.

Sutanto Tan, nyaris membawa PSM Makassar unggul, andai sepakan akrobatiknya tidak diantisipasi dengan gemilang oleh Gianluca Pandeynuwu. Pluim ganti mengancam gawang Borneo FC melalui sepakan terarahnya jelang menit akhir babak pertama, tetapi masih melebar. Dan skor 0 1 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Borneo FC bermain lebih menyerang dan menekan pertahanan PSM Makassar sejak menit awal babak kedua. Hasilnya, Borneo FC mampu menyamakan kedudukan, aktornya adalah Jonathan Bustos yang menaklukkan penjaga gawang Hilman Syah pada menit ke 54. Mampu menyamakan kedudukan, Pesut Etam seolah mendapatkan momentum untuk membalikkan keadaan pada pertandingan ini.

Borneo FC mendapatkan peluang untuk unggul di babak kedua melalui sepakan Terens Puhiri yang masih melebar di samping gawang PSM Makassar. Pemain tengah PSM Makassar, nampak kesulitan menghadapi daya ledak Jonathan Bustos dan Davronov yang tampil berbeda di babak kedua. Borneo FC akhirnya berhasil membalikkan keadaan pada menit ke 66.

Bermula dari umpan tarik Marckho Sandy, Fransesco Torres, sukses menyambut bola tersebut dan mengecoh Hilman Syah. Skor berubah menjadi 2 1 untuk keunggulan Borneo FC. Sukses membalikkan kedudukan pada pertandingan ini, Borneo FC bermain lebih berani dan menekan pertahanan Juku Eja.

PSM Makassar masih berusaha membongkar rapatnya pertahanan Borneo FC, namun, kreatifitas dari Pluim, mudah terbaca barisan lini belakang Pesut Etam. Juku Eja nyaris menyamakan kedudukan, andai sepakan M. Rizky tidak membentur mistar gawang Gianluca Pandeynuwu. Dan skor 2 1 menjadi hasil akhir pertandingan.

Gianluca Pandeynuwu; Marckho Sandy, Javlon Guseynov, Wildansyah, Safrudin Tahar; Jonathan Bustos, Hendro Siswanto, Nuriddin Davronov; Terens Puhiri, Sihran Amarullah; Fransisco Torres Hilman Syah; Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw, Serif Hasic; Abdul Rahman, M. Arfan, Sutanto Tan, William jan Pluim; Ilham Udin Armayn, Yakob Sayuri, Anco Jansen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *