June 21, 2024

Web Pouya

Pouya Website Informasi dan Berita Terupdate

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Lombok Barat: Membangun Kualitas Pelayanan Farmasi

3 min read

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) merupakan organisasi profesi yang menaungi para apoteker dan tenaga teknis kefarmasian di Indonesia. Di Kabupaten Lombok Barat, PAFI memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui pengembangan kompetensi para anggotanya. Dengan visi dan misi yang kuat, PAFI Kabupaten Lombok Barat terus berupaya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan dunia kesehatan di wilayah ini.

 

Sejarah dan Perkembangan

PAFI Kabupaten Lombok Barat didirikan dengan tujuan utama untuk menyatukan tenaga farmasi di wilayah tersebut, serta mendorong peningkatan profesionalisme dan kompetensi di bidang kefarmasian. Sejak awal berdirinya, organisasi ini aktif dalam berbagai kegiatan seperti seminar, workshop, dan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para anggotanya.

 

Visi dan Misi

Visi PAFI Kabupaten Lombok Barat adalah menjadi organisasi profesi yang unggul dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang farmasi, serta berperan aktif dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Misi yang diemban antara lain:

  1. Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme anggota melalui pendidikan dan pelatihan berkelanjutan.
  2. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan.
  3. Melakukan advokasi dan memberikan masukan kepada pemerintah terkait kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan farmasi dan kesehatan.

 

Kegiatan dan Program

PAFI Kabupaten Lombok Barat rutin menyelenggarakan berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan profesional anggotanya. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan antara lain:

  1. Pelatihan dan Workshop: Meliputi topik-topik terbaru dalam dunia farmasi, seperti penggunaan teknologi dalam farmasi, manajemen obat, dan pelayanan farmasi klinis.
  2. Seminar dan Lokakarya: Menghadirkan para pakar dan praktisi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai berbagai isu terkini di bidang kesehatan dan farmasi.
  3. Pengabdian Masyarakat: Melakukan program-program kesehatan masyarakat seperti penyuluhan penggunaan obat yang benar, pemeriksaan kesehatan gratis, dan kampanye anti narkoba.

 

Kerjasama dan Kolaborasi

PAFI Kabupaten Lombok Barat menjalin berbagai kerjasama dengan instansi pemerintah, lembaga pendidikan, dan organisasi profesi lainnya. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperluas jaringan dan sumber daya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan farmasi. Beberapa bentuk kerjasama yang telah dilakukan meliputi:

  1. Kerjasama dengan Dinas Kesehatan: Dalam penyusunan dan pelaksanaan program-program kesehatan masyarakat di Kabupaten Lombok Barat.
  2. Kemitraan dengan Perguruan Tinggi: Memberikan peluang bagi mahasiswa farmasi untuk melakukan praktik dan penelitian di berbagai fasilitas kesehatan.
  3. Kolaborasi dengan Organisasi Profesi Lain: Untuk memperkuat suara dan posisi tenaga farmasi dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan kesehatan.

 

Tantangan dan Harapan

Meskipun telah banyak pencapaian yang diraih, PAFI Kabupaten Lombok Barat masih menghadapi beberapa tantangan. Diantaranya adalah kebutuhan akan peningkatan infrastruktur dan fasilitas kesehatan yang memadai, serta pentingnya terus mendorong kesadaran masyarakat akan peran apoteker dan tenaga teknis kefarmasian.

 

Namun demikian, dengan semangat dan komitmen yang tinggi dari para anggota, serta dukungan dari berbagai pihak, PAFI Kabupaten Lombok Barat optimis dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di wilayah ini. Harapan kedepannya, PAFI dapat lebih memperluas jangkauan program-programnya dan semakin memperkuat peran tenaga farmasi dalam sistem kesehatan nasional.

 

Penutup

PAFI Kabupaten Lombok Barat merupakan pilar penting dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pelayanan farmasi di wilayahnya. Dengan berbagai program dan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan, PAFI terus berupaya menjawab tantangan dan memenuhi harapan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang lebih baik. Semoga ke depan, organisasi ini dapat semakin maju dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi kesehatan masyarakat di Kabupaten Lombok Barat.

 

 

Sumber : pafikablombokbarat.org

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *