December 3, 2021

Web Pouya

Pouya Website Informasi dan Berita Terupdate

Pembelian Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 22 Terakhir 30 November 2021, Ini Platform Pelatihannya

3 min read

Saldo pelatihan Kartu Prakerja bagi peserta gelombang 22 dapat digunakan sebelum 30 November 2021. Pengumuman di atas telah diinformasikan melalui akun Instagram resmi Kartu Prakerja, @prakerja.go.id. Sehingga jika telah melewati batas waktunya maka seluruh penerima tidak dapat menggunakan saldo Kartu Prakerja dan tidak dapat membeli kembali pelatihan.

Oleh karena itu peserta diharapkan segera membeli pelatihan. "Bila Sobat tidak membeli pelatihan sampai pada batas akhir tersebut, maka kepesertaan Sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut dan tidak akan menerima insentif." "Setelah kepesertaan dicabut, Sibat tidak bisa ikuti seleksi gelombang lagi," tulis @prakerja.go.id.

Dengan demikian, artinya penerima kartu prakerja gelombang 22 harus menghabiskan saldo pelatihan dalam waktu satu bulan setelah pengumuman penerimaan dilakukan pada 1 November lalu. 1. Cek dashboard Kartu Prakerja untuk melihat 16 digit nomor Kartu Prakerja dan memastikan dana pelatihan sudah didapatkan. Gunakan 16 digit nomor tersebut untuk membeli program pelatihan.

2. Dapat membeli dan menggunakan saldo pelatihan Kartu Prakerja di platform digital resmi yang bekerja sama yaitu Sisnaker, Tokopedia, Bukalapak, Pijar, dan lain sebagainya. 3. Waktu untuk membeli pelatihan pertama selama 30 hari setelah mendapatkan pemberitahuan penetapan sebagai penerima Kartu Prakerja dari Manajemen Pelaksana. 4. Bisa mengikuti beberapa jenis pelatihan seperti keterampilan teknis, berjualan online dan lain sebagainya.

5. Dapat mengikuti lebih dari satu pelatihan dengan syarat telah menyelesaikan pelatihan pertama. 6. Masukkan nomor Kartu Prakerja dan OTP yang benar. 7. Ikuti tes sebelum latihan.

Selanjutnya adalah cara mengikuti pelatihan dari platform penyedia latihan yang telah bekerjasama dengan pihak Kartu Prakerja. Berikut adalah beberapa daftar penyedia pelatihan yaitu Tokopedia, Bukalapak, Sisnaker, dan Pintaria. Buka aplikasi Tokopedia;

Ketik Kartu Prakreja di kolom pencarian; Pilih kategori pelatihan dan pilih lembaga pelatihan yang diinginkan; Klik "Lihat Detail" jika ingin mengetahui informasi termasuk cara menemukan kode voucher;

Klik "Beli"; Pilih "Lihat Semua" pada metode pembayaran lalu klik "Kartu Prakerja" pada bagian Program Pemerintah; Masukkan 16 digit nomor Kartu Prakerja dan lakukan verifikasi via SMS.

Setelah transaksi berhasil, cek kode voucher pada Histori Transaksi Top Up dan Tagihan; Lakukan penukaran kode dengan mengikuti langkah di halaman kelas atau lembaga yang sudah dibeli vouchernya; Jika voucher berhasil ditukar maka Anda bisa mengikuti pelatihan.

Buka aplikasi Bukalapak dan ketik "Prakerja" di tab pencarian; Pilih jenis kursus sesuai dengan minat dan bakat; Cek detail kurikulum kursus dan ulasan;

Lalu klik "Ya" pada syarat ketentuan; Selanjutnya masukkan 16 digit nomor Kartu Prakerja untuk diverifikasi; Setelah melakukan verifikasi, peserta mendapatkan kode yang dapat dipakai di situs penyedia kursus;

Cek kode kupon di "Detail Tagihan" atau email. Daftar di account.kemnaker.go.id; Pilih program pelatihan yang ada pada tanda Kartu Prakerja;

Pilih mitra pelatihan lalu klik Daftar; Masukkan 16 digit nomor Kartu Prakerja; Lalu peserta dapat memulai pelatihan.

Akses web pintaria.com/kartuprakerja. Klik Daftar/Masuk. Isi data berupa nama lengkap, email, nomor HP, dan password.

Klik Daftar. Jika sudah memiliki akun Pintaria maka tinggal memasukkan email dan password yang didafarkan lalu klik "Masuk". Ketika sudah masuk maka pilih menu Kartu Prakerja.

Pilih kursus yang diinginkan dan jika sudah klik "Ikuti Kursus". Input nomor ponsel Anda. Lanjutkan Pembayaran lalu masukkan ID Kartu Prakerja dan kode OTP yang dikirim lewat SMS.

Selanjutnya klik "Bayar" lalu klik "Kelas Saya". Terakhir Anda diwajibkan untuk mengisi survei terlebih dahulu sebelum dapat mengikuti kursus. Setelah selesai mengikuti pelatihan, peserta mendapatkan dana insentif pasca pelatihan sebesar Rp 2.400.000 yang akan diberikan secara bertahap sebesar Rp 600.000 selama empat bulan.

Selain itu didapatkan pula dana insentif pengisian tiga survei evaluasi sebesar Rp 150.000 dan dibayarkan sebesar Rp 50.000 setiap survei.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *